Mengubah Teks Menjadi Suara

Ok langsung saja, kali ini saya akan memberikan tutorial "Bagaimana Cara Mengubah Teks Menjadi Suara". Seperti kalian ketahui untuk membuat teks menjadi suara adalah dengan menggunakan voice changer di PC atau melalui google translate dan itu tentunya secara online, disini saya bisa membuat text to voice secara offline. :v



Bahan :
- Voice Changer Permium ( Download )
- Text to Speech ( New Version )

Pertama tama silahkan kalian update terlebih dahulu Text to Speech yang anda pada ponsel anda, ukuran kurang lebih 14 MB. Apabila sudah selesai anda masuk ke pengaturan untuk mengatur Text to Speech.

Mengaktifkan Google Text to Speech :
Setting => Accessibility => Vision => Text to Speech Options => Preferred TTS Engine => Pilih Opsi Google Text-to-Speech.

Mengubah Bahasa :
Setting => Accessibility => Vision => Text to Speech Options => Preferred TTS Engine => Klik logo gear pada Google Text-to-Speech Engine => Language.

Mendownload Aksen :
Setting => Accessibility => Vision => Text to Speech Options => Preferred TTS Engine => Klik logo gear pada Google Text-to-Speech Engine => Install Voice Data.

Mengubah Aksen :
Setting => Accessibility => Vision => Text to Speech Options => Preferred TTS Engine => Klik logo gear pada Google Text-to-Speech Engine => Install Voice Data => Google TTS Voice Data => Klik salah satu bahasa (Apabila aksen belum ada maka akan muncul perintah mendownload).

Mengatur Kecepatan Suara :
Setting => Accessibility => Vision => Text to Speech Options => General => Speech rate.

Apabila settingan TTS anda sudah beres maka lanjut ke langkah berikutnya yaitu meng-install aplikasi Voice Changer Premium yang sudah anda download di atas tadi. Saya menyarankan untuk menggunakan versi premium agar tidak banyak muncul iklan dan effect suara lebih banyak :v

Untuk mengubah akses pada voice changer silahkan anda buka setting pada app voice changer, kemudian klik Text-to-Speech Language dan pilih aksen yang anda inginkan.

Point utama untuk membuat teks menjadi suara lihat gambar di bawah ini :3



Demo Hasil :
Aksen Indonesia - Normal
+ [ Play ]
Aksen English UK - (Hacker) Normal
+ [ Play ]
Aksen Sundanese - (Kasep) Normal
+ [ Play ]
Pedagang Bakso Borak
+ [ Play ]

Tidak hanya membuat teks menjadi suara, namun app ini bisa mengubah suara kedalam efek tertentu.

Nissa Sabyan - Deen Assalam
+ [ Play ]
Rekaman Suara Gw :3 - Ori
+ [ Play ]
Suara Gw - Efek Spining
+ [ Play ]

Tips Download Aksen :
Jika mendownload aksen gagal ubah pengaturan download di setting Google TTS

Setting => Accessibility => Vision => Text to Speech Options => Preferred TTS Engine => Klik logo gear => Setting Google Text-to-Speech => Matikan opsi "Use WiFi Only".


Related :