Script Whatshare Javascript Tombol Share WhatsApp


Untuk membuat tombol share pada blog maupun website pada umumnya menggunakan plugin dari ShareThis. Seiring bejalannya waktu tombol share dari web tersebut terlihat motonon bahasa gaulnya "Gitu gitu aja" karena tidak bisa melakukan custom.   

Nah, untuk itu disini saya berbagi tombol share khusus whatsapp menggunakan javascript yang saya berinama Whatshare.

Untuk tombol share sosial media lain cukup mudah hanya dengan menambahkan parameter sharing beserta URL yang akan kita bagikan karena Web to Web.

Berbeda dengan Whatsapp, yang berbagi URL / Tautan ke dalam aplikasi maka dari itu diperlukan sedikit sentuhan dari javascript. Mula mula saya menggunakan whatsapp://send untuk membuka ntah apa namanya.



Untuk pemasangan pesan saya ambil dari string data-text="_pesan_", dan untuk URL / Tautan saya ambil dari string data-href="_url_", cukup simple bukan? jika masih bingung demo dan file javascript ada di dalam 1 file.

Silahkan bagi yang berminat untuk menggunakannya bisa di ( Download ). 

Related :